LETTO on Facebook

Sebelum Cahaya (Video Clip)

Saturday, June 16, 2007

Kiat Menjaga Vokal Agar Prima Selama Tur Dari Noe

Letto adalah band asal Yogyakarta yang sukses dengan album perdananya bertitel “Truth, Cry, and Lie” dan sekarang tengah sibuk menggelar tur bersama Samsons, Ungu dan Naff di gelaran A Mild Live Rising Star. Band ini mempunyai vokalis bersuara lembut bernama Sabrang Mowo Damar Panuluh yang akrab disapa Noe. Mahasiswa lulusan University of Alberta California ini memberikan kiat menjaga suara agar tetap tampil prima selama tur. Berikut sedikit kiat dari pria yang hobi mengenakan kupluk ini.

1. Bagi band yang sedang mengikuti panjang, contohnya A Mild Live Rising Star tidur yang cukup adalah hal wajib dituruti oleh seorang vokalis. Selama di tur biasanya gue menghabiskan 4 sampai 6 jam buat tidur.

2. Yang tak kalah penting adalah menjaga jumlah cairan di dalam tubuh. Bagi gue cairan tubuh itu penting agar vokal tetap terjaga. Biasakan perbanyak minum air putih.

3. Banyak vokalis yang bermasalah dengan makanan yang banyak mengandung minyak, bagi gue itu gak berpengaruh. Intinya adalah banyak-banyak makan selama tur, dan bila jenis makanan tertentu mempengaruhi kualitas vokal, sebaiknya langsung dihentikan.

4. Pergunakanlah waktu seefisien mungkin. Jangan memanfaatkan waktu senggang dengan dengan hal yang gak penting yang dapat menyebabkan kualitas vokal terganggu.

source: amild.com

No comments: