LETTO on Facebook

Sebelum Cahaya (Video Clip)

Thursday, February 07, 2008

Letto Belajar Akting dari Utang

Banyak hutang ternyata membawa manfaat tersendiri bagi para personel band Letto. Mereka mengaku belajar akting dari kebiasaannya berhutang. Loh?

Bagi Noe, Dedi, Patub dan Ari memiliki banyak hutang adalah bagian dari hidup mereka yang paling menarik. Itu pula yang menginspirasi Letto melatih kecakapannya berakting.

Dimana-mana ada utang dan itu bagian dari proses akting,” ujar Noe sang vokalis ditemui di Planet Hollywood, Jl Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Selasa (5/2/2008) malam.

Gara-gara sering ditagih utang Noe jadi rajin berdalih. Hal kecil itu membuatnya merasa bahwa seluruh bagian dari kehidupan adalah akting.

Misalnya kita ditagih, kita belaga nggak punya duit. Pasang muka susah. Itu kan akting,” jelas Noe.

Kendati sudah terbiasa akting, Letto mengaku belum siap untuk berlaga di layar lebar. Namun jika terlibat produksi di belakang layar, mereka setuju untuk campur tangan garap naskah.

Akting? wah belum kepikiran. Kita masih banyak belajar,” tuturnya menutup pembicaraan.

source: detikhot

Wednesday, February 06, 2008

Bikin Lirik Puitis, Letto Tak Ingin Terkesan Sempit

Grup band Letto terkenal piawai dalam menciptakan lagu. Lirik lagu yang puitis, diakui Letto sengaja dibuat untuk memberi ruang kosong bagi pendengarnya. Sehingga tak terkesan sempit makna.

"Kita bikin lagu itu mencoba untuk sejujur mungkin dan pemilihan katanya pun kita bikin dan kita pilih yang bermakna dan punya arti. Biasanya, kita kalau bikin lagu itu, kita tuh selalu ingin memberi ruang kosong untuk pendengar agar mereka merasa bisa menjadi bagian dari lagu itu," ujar Noey yang ditemui di Planet Hollywood, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (5/2/2008).

Letto pun membiarkan pendengar musiknya memiliki interpretasi sendiri terhadap lagu mereka. Sehingga memberi kesan bahwa lagu mereka punya banyak arti dan tidak sempit.

Sementara itu, di video klip terbaru Letto berjudul Permintaan Hati, mereka berakting layaknya seorang aktor berpengalaman.

"Kalau dibilang pengalaman akting, kita sih punya pengalaman akting yang cukup panjang. Dulu waktu kecil, ngambil uang orangtua dan tidak ngaku itu sudah akting dan gue berhasil. Tapi, sebenarnya buat saya enggak asing juga sama yang namanya akting, karena aku pernah ikut theater," ungkapnya.

Bagi semua personel, menjadi aktor bukanlah keinginan terpendam mereka. Meski belakangan, sejumlah band Indonesia banyak yang bermain sinetron.

"Sebenarnya, rencana dan kesempatan itu sudah ada. Tapi, kalaupun nantinya kita terlibat kita enggak pengen cuma jadi pemain doang, kita juga pengen terlibat di belakang layar dan ikut dalam proses kreatifnya. Hal itu supaya kita bisa mendalami peran yang akan kita mainkan, lebih pada itu sih," tutur Noey.

Sementara itu, lagu Letto belum lama ini dijadikan judul sebuah buku.

okezone

Lagi, Lagu Letto Dibukukan

Setelah lagu 'Ruang Rindu' dibukukan kini giliran hits Letto lainnya yang ambil bagian. Adalah 'Sebelum Cahaya' yang didapuk menjadi sebuah kisah novel.

Kali ini buku tersebut ditulis oleh Karla M. Nashar. Garis besar lagu yang dijadikan soundtrack sinetron 'Cahaya' itu dituangkan dalam buku.
Kita nggak nyangka lagu kita dijadiin novel lagi. Kalau soal lirik yang katanya romantis dan puitis itu karena kita benar-benar milih kata-kata supada ada maknanya,” ujar Noe sang vokalis ditemui di Planet Hollywood, Jl Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Selasa (5/2/2008).

Kini band asal Yogyakarta itu sudah mulai mengasah kemampuannya di bidang akting. Dalam video klip 'Permintaan Hati', Letto habis-habisan berlaga bareng Marsha Timothy.

“Ya itu pengalaman akting yang sudah panjang untuk kita, dari kecil kita akting seperti ngambil uang jajan diam-diam dari orang tua, nggak merasa bersalah,” jelas Noe.

Saturday, February 02, 2008

Sampai Nanti Sampai Mati (Video Live)

video

Musik Spesial Trans TV


di tahun 2008 ini letto tampil beda dibadingkan tahun-tahun sebelumnya, untuk penampilan panggung lebih berani dalam bereksplorasi, mungkin karena benang merah dari mereka sendiri yang dibesarkan dari dunia musik tradisional, khususnya dengan kelompok kiai kanjeng.

saat tampil di musik special transtv tempo hari, mereka bereksplorasi dengan gamelan plus tembang jawa pada saat akan membawakan "permintaan hati" salah satu single terbaru letto, patub selain fasih main gitar ternyata ok juga bawain tembang jawa. Pada saat memperdengarkan "sebenarnya cinta"-pun mereka buka dengan hits "love of my life" milik kelompok legendaris queen. di acara yang lain juga sempat bawain "I want to break free" bersama kris dayanti dan gitaris irfan samsons.

lebih heboh lagi pada saat bawain sebelum cahaya, dibuka ama permainan alat musik tradisional china yang bernama 'phipha' sejenis alat yang terbuat dari kayu dan tulang unta dan dimainkan oleh salah satu bintang tamu yang sebelumnya juga pernah tampil bersama saat acara ultah indosiar. tak kalah nyentrik penampilan Noe dengan busana ala china-nya... so lagu "sebelum cahaya'" versi oriental ini paling asik.

"sampai nanti sampai mati" single album pertama letto dibawain dengan nuansa padang pasir.... mulai dari gitar patub yang beda... penampilan semua personil letto yang bersorban..... bahkan cornel rela nutupin semua mukanya dengan sorban.

lagu terakhir di penghujung acara selain 'ruang rindu" yang dibawain bersama drive, kerispatih dan matta band secara kolaborasi, juga 'sandaran hati yang jadi penampilan pamungkas letto malam itu.

bagaimana penampilan letto di masa-masa mendatang? Kita ikutin aja perkembangannya.

buat plettonic yang penasaran ama penampilan letto saat itu sudah diposting juga videonya di blog ini.

Letto @ February 2008


02.Feb.2008: Sidoarjo Bangkit, Sidoarjo
03.Feb.2008: AnNIDJIversary, RCTI, Jakarta
04.Feb.2008: Interview Majalah Tempo, Jakarta
05.Feb.2008: Launching Novel "Sebelum Cahaya", Jakarta
06-07-08-11.Feb.2008: Behind The Song, Trans TV, Jakarta
12.Feb.2008: Kuis Deal or No Deal RCTI, Jakarta
14.Feb.2008: Show, Makassar
15 - 16.Feb.2008: Brunai Darusallam Tour, Empire Theater, Brunei Darusallam
17.Feb.2008: Annual Dinner Show & Football Awards, Empire Theater, Brunei Darusallam
18.Feb.2008: Brunai Darusallam Tour (Back to Indonesia)
20.Feb.2008: Office Boy (OB - Pagi), RCTI, Jakarta
22.Feb.2008: Show, Fame, Bandung
23.Feb.2008: Show, Batam
25.Feb.2008: Monday Soundsation Global TV, Pollo Campero, Jakarta
26.Feb.2008: Show, Wonogiri