LETTO on Facebook

Sebelum Cahaya (Video Clip)

Tuesday, July 18, 2006

Sekarang harus Sering mandi

Jawa Pos, Kamis, 13 Juli 2006.

Di tengah maraknya kemunculan band baru, nama Letto termasuk berhasil mencuri perhatian. Debut album perdana bertajuk Truth, Cry, and Lie sudah terjual 75 ribu keping sejak diedarkan Desember tahun lalu. Grup beranggota Dedy (drum), Noe (vokalis), Patub (gitar), dan Arian (bas) itu optimistis penjualan masih akan meningkat.

Terlebih, saat ini mereka baru saja merilis single ketiga, Ruang Rindu menyusul Sampai Nanti Sampai Mati dan Sandaran Hati. "Mudah-mudahan setelah peluncuran single ketiga, penjualan album bisa terus meningkat," ujar Noe saat bertandang ke Gedung Graha Pena Jakarta kemarin.

Nama Letto sendiri, dijelaskan Noe, tidak memiliki arti khusus. "Nama ini sebagai identitas. Banyak orang yang mencari arti dari nama sebuah band. Tapi, kami mencoba memberi arti untuk nama band kami yang tidak punya arti," jelas pria berambut gondrong itu.

Soal konsep, tutur Noe, band yang mulai terbentuk pada April 2004 itu tidak menetapkan aliran musik tertentu. "Kesukaan musik kami beda-beda. Ada yang suka, alternatif, jaz, malah ada juga yang nge-punk. Tapi, dari orang yang ngedengerin sih, musik kami Insya Allah pop," katanya.

Keempat pemuda itu menjalin persahabatan sejak masih duduk di bangku SMA. Kini setelah mulai dikenal banyak orang, mereka mengaku tidak mengalami perubahan yang mencolok.

"Paling kalau lagi di tempat umum, ada yang kenal sama kami. Tapi, yang paling terasa sih, kami jadi lebih sering mandi," kelakar Dedy yang disambut tawa teman-temannya. "Soalnya, kalau mau show, mandi. Mau pemotretan, mandi lagi. Begitu seterusnya," sambungnya.

Tidak sedikit band yang diawali pertemanan, namun karena ada ketidakcocokan dalam produksi, akhirnya berselisih atau malah pecah. Namun, Letto berharap kejadian itu tidak menimpa mereka.

"Band ini bagian kecil dari pertemanan kami. Jadi, kami bukan berteman karena band. Kalaupun satu saat nanti band ini bubar, kami tetap jadi teman," tandas Noe. (rie)

(sumber:
Jawa Pos)