LETTO on Facebook

Sebelum Cahaya (Video Clip)

Wednesday, January 17, 2007

Menikmati Berkah Dari Sinetron

Belakangan, giliran band Letto yang menikmati berkah dari sinetron. Letto punya tiga lagu yang dijadikan soundtrack sinetron. Hebatnya, tiga seinetron ini semuanya tayang di prime time. Tiga lagu yang dipetik dari album debut, Truth, Cry and Lie itu adalah Sampai Nanti, Sampai Mati, Ruang Rindu dan Sandaran Hati. Rinciannya, Sampai Mati yang dijadikan soundtrack sinetron I Love U, Boss yang tayang di RCTI setiap Jumat pukul 20.00 WIB. Ruang Rindu didaulat jadi soundtrack sinetron Intan. Sinetron ini tayang saban hari di RCTI pukul 18.00 WIB. Sandaran Hati jadi lagu tema sinetron Wulan yang tayang Senin-Jumat pukul 21.00 WIB. Sinetron yang terakhir ini juga diputar di RCTI. Jadi bisa dipastikan, dari layar kaca RCTI setiap harinya mengalun lagu-lagu milik band yang diawaki Arian (bas), Noe (vokal), Dedi (dram), dan Patub (gitar) ini.

Karena beberapa lagunya dijadikan soundtrack, kata Arian, jumlah angka penjualan album Letto mengalami peningkatan. “Angka penjualan album kami naik. Saya dapat kabar album Letto sudah terjual sampai 200 ribu keping. Itu berarti kami sudah dapat platinum,” imbuh Arian. Jumlah kenaikan ini bisa dibilang signifikan. Pasalnya, sekitar bulan Oktober tahun lalu album Letto baru terjual di kisaran 100 ribuan keping. Tak cuma itu. Entah terpengaruhsoundtrack sinetron atau tidak, lagu-lagu Letto kini banyak di-download buat dijadikan Ring Back Tone. Paling tidak ada satu atau dua lagu Letto yang masuk daftar 10 besar lagu yang paling sering di-download.

Menurut Arian, Letto tak begitu tahu proses lagu-lagu Letto dijadikan soundtrack sinetron. “Yang paling tahu bagaimana ceritanya lagu kami dijadikan soundtrack sinetron,ya perusahaan rekaman (Musica Studios's). Pasalnya, mereka lah yang menguruslagu kami sampai jadi soundtrack,” ceplosnya. Namun, kata Arian, anak-anak Letto paham kalau dipakainya tiga tembang Letto sebagai soundtrack sinetron merupakan bagian dari strategi promosi. Strategi itu dinilai Letto efektif.

Sinetron-sinetron itu rata-rata tayang di jam prime time. Jadi pasti banyak orang yang menonton. Kalau menonton, mereka pasti jadi tahu lagu kami. Efeknya, ya,angka penjualan kaset kami mengalamai peningkatan,” ujar Arian lagi.

taken from: bintang indonesia


No comments: