LETTO on Facebook

Sebelum Cahaya (Video Clip)

Friday, October 06, 2006

Kelembutan Letto

SUDAH banyak musisi asal Kota Yogya yang sukses meretas karier di jagad musik Indonesia. Sebut saja Sheila on 7, Jikustik, dan Shaggy dog, yang sampai sekarang tetap menjadikan Yogya sebagai salah satu kiblat musik tanah air. Letto menjadi salah satu generasi teranyar band asal kota Gudeg, yang berhasil mencuri perhatian publik lewat album pertama mereka Truth, Cry and Lie

Letto semalam hadir di Semarang, dalam rangka malam keakraban peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2006. Mereka benar-benar menjadi bintang yang begitu dinanti-nantikan ratusan siswa-siswa berprestasi yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia.
Letto, band beraliran pop yang dibesarkan oleh Noe (vokal), Ari (bass), Patub (gitar) dan Dedy (drum) ini, memang selalu tampil seadanya dan sederhana. Tapi hal itu tidak mengurangi permainan mereka. Keempat anak muda ini benar-benar dalam kondisi prima. Kekompakan mereka di atas panggung terlihat dari setiap lagu-lagu yang mereka lantunkan.

Ketika Noe pertama kali naik ke panggung, sontak para pelajar yang tadinya duduk manis di tempat duduk masing-masing, langsung berhamburan ke depan panggung. Mereka pada umumnya ingin menyaksikan personel Letto secara lebih dekat.
Mereka seolah tidak sadar, bahwa di tempat itu anak-anak di temani Gubernur Jateng, H Mardiyanto. Gubernur pun terlihat tersenyum menyaksikan tingkah polah para siswa itu.
Ratusan kamera yang dibawa para pelajar pun langsung beraksi mengabadikan aksi panggung band Letto. Ternyata walaupun masih dalam usia yang boleh dibilang cukup belia, mereka sudah menunjukkan apreasiasinya pada bidang musik. Siswa-siswi yang rata-rata berotak encer itu, juga bisa menyanyikan lagu-lagu Letto.

Alunan nada dari album pertama Letto pun muncul satu persatu. Di mulai dengan kemunculan lagu Sebenarnya Cinta, kemudian berturut-turut hadir gita Tak Bisa Biasa, I’ll Find Away, U & I dan Ruang Rindu. Tembang-tembang itu ditampilkan sebagai lagu jagoan untuk sesi yang pertama. Pada sesi kedua, mereka membawakan sebuah lagu wajib nasional yang sarat aura patriotisme Berkibarlah Benderaku. Menurut Noe, lagu itu merupakan lagu wajib mereka ketika manggung.

Putra budayawan kondang, Emha Ainun Najib ini, lagi-lagi unjuk kebolehan lewat hits No One Talk About Love Tonite, Truth, Cry and Lie dan Sampai Nanti, Sampai Mati.


09 Sep 2006 04:23 pm.
[sumber: wawasan]

No comments: