LETTO on Facebook

Sebelum Cahaya (Video Clip)

Monday, February 05, 2007

Penghargaan double platinum ini jadi alat yang paling nyata buat mengukur disukai atau tidaknya musik kami oleh masyarakat. Dan ternyata musik kami disukai, paling tidak disukai 300 ribu orang yang membeli kaset Letto,” ceplosnya.

Terkejut. Begitulah reaksi personel Letto ketika album debut mereka, Truth, Cry and Lie, dapat penghargaan double platinum dari perusahaan rekaman tempat mereka bernaung, Musica Studio's.
Patub (gitar), Arian (bas), Noe (vokal) dan Deddy (dram) terkejut lantaran pemberian penghargaan, yang dilakukan di sela-sela acara By Request SCTV Jumat pekan lalu, tak pernah diberitahukan pada mereka sebelumnya. “Kami nggak pernah diberi tahu sama sekali kalau bakal diberi penghargaan. Nggak tahunya pihak Musica memang sengaja tidak memberi tahu. Katanya, penghargaan itu kejutan buat kami,” ujar Noe. Sekadar informasi, penghargaan platinum biasanya diberikan untuk sebuah album yang meraih penjualan 150 ribu keping. Jadi bila Letto mendapat penghargaan double platinum, artinya album band asal Yogyakarta ini telah terjual sebanyak 300 ribu keping.

Pastinya Letto senang dapat penghargaan ini. Kata Noe, ini mengindikasikan musik mereka disukai masyarakat. “Penghargaan double platinum ini jadi alat yang paling nyata buat mengukur disukai atau tidaknya musik kami oleh masyarakat. Dan ternyata musik kami disukai, paling tidak disukai 300 ribu orang yang membeli kaset Letto,” ceplosnya.
Disinggung kesuksesan album ini takk lepas dari beberapa lagu yang dijadikan soundtrack sinetron, Letto tak mengelak. “Soundtrack memang punya peran penting. Lewat soundtrack, lagu-lagu kami jadi dikenal masyarakat. Tapi menurut saya, lagu juga punya pengaruh penting. Kalau ternyata lagu yang dijadikan soundtrack tak enak, ya, nggak ada pengaruhnya buat penjualan album,” tandas Noe.

Saat ini ada tiga lagu Letto yang diangkat jadi soundtrack sinetron di RCTI. Perinciannya, Sampai Mati jadi soundtrack sinetron I Love U,Boss, Ruang Rindu jadisoundtrack sinetron Intan, dan Sandaran Hati jadi lagu tema sinetron Wulan.


No comments: